Kali ini saya akan berbagi informasi sedikit mengenai pekerjaan  yang terlihat samar, bergerak cepat, tepat, dan ter-organisir. Yang terbiasa bermain dengan waktu, bukan hitungan hari atau hitungan jam ataupun hitungan menit, melainkan hitungan DETIK bro! Karena ketika terjadi keterlambatan maksimal 5 detik maka sang komandan lah yang harus bersiap mempertanggung jawabkannya.  Mereka bukanlah  tim tempur ataupun special forces yang berperang menggunakan senjata melainkan sebuah tim yang men-dedikasikan diri untuk kelancaran sebuah show , mereka adalah SHOW MANAGEMENT Team.

Simon Thomas with SSL Live

Mungkin sebagian orang masih belum sadar seberapa pentingnya menggunakan jasa mereka dalam kelancaran suatu event. Bahkan di beberapa kesempatan saya masih sering melihat klien – klien yang pernah bekerja sama, belum menyadari perlu / tidaknya meng-hire tim ini. Memang iya, akan ada pertambahan digit di budget yang akan kita present ke klien. Tapi siapa yang gak percaya dengan pepatah “ jika ingin hasil yang luar biasa, serahkan kepada sang ahli “. Setuju ?
Show management, merupakan salah satu backbone ( tulang punggung ) sebuah event.
Mengapa saya bilang sebagai backbone ? karena setiap event yang diselenggarakan membutuhkan analisa dan perencanaan mateng dari sebuah tim show management expert ( show director beserta stage manager ). Karena tim inilah yang akan menjaga / mengarahkan sequence by sequence mood satu konsep acara  agar tetap berjalan dengan mulus dan sesuai dengan kemauan klien.
Show Management adalah salah satu departemen yang ada di BYPRO INDONESIA dan merupakan produk unggulan di BYPRO INDONESIA.
Show Management merupakan satu bagian dari bisnis Event Management dengan kemampuan manajerial (mengatur) acara. show Management dapat dilibatkan dari tahap pembuatan konsep sampai dengan saat eksekusi.Adapun susunan departemen ini terdiri dari:
1. Show Director adalah orang yang akan memimpin jalan nya acara yg sudah disepakati oleh semua pihak yg dituangkan ke dalam susunan acara (rundown). Show Director berfungsi mengatur semua acara dan semua kejadian yg akan terjadi di acara tersebut. Posisi show Director akan berada di depan panggung dan belakang audience atau yang disebut FOH / Front of House ( ruang kendali acara).

2. Stage Manager adalah assisten show Director yang bertugas menjadi polisi lalu lintas segala kegiatan yang ada di atas panggung. Tetap berdasarkan koordinasi dengan show Director mulai dari persiapan hingga berlangsungnya acara sampai akhir.

3. Stage Crew adalah orang yang bertugas menjadi awak panggung untuk membantu Show Director dan Stage Manager mulai dari persiapan serta berlangsung acara. Stage Crew akan dibagi berdasarkan kebutuhan acara oleh Stage Manager dengan pembagian yang ideal sbb: MC Crew, Miking Crew, Technical crew, Talent crew, Liaison Officer, Property crew dan runner.
Baku_FOH_1

4. Music Director adalah orang yg akan merancang Music sesuai dengan kebutuhan acara dari awal sampai akhir, berdasarkan arahan dari Show director.

5. Lighting Designer adalah orang yang akan merancang  tata lampu sesuai dgn kebutuhan acara mulai dari persiapan serta acara dari awal sampai akhir dibawah arahan show Director serta pengisi acara  yg terlibat.

6. Sound Enginer adalah orang yang akan menjadi fasilitator kebutuhan audio para  pengisi acara dalam konteks adjusment settingan Sound System. Dan berkoordinasi dengan show Director dan semua pengisi acara.
Untuk itulah disini jasa sebuah tim show management yang profesiona dan handall sangat diperlukan, karena balik lagi ke hal diatas, udah mikir capek-capek, effort sudah berbulan-bulan tapi gara-gara kesalahan 1 menit bisa rusak mood klien dan seluruh acara… jangan sampe deh! Makanya event organizer harus berusaha meyakinkan para klien agar item ini menjadi salah satu yang wajib di ikut sertakan ke dalam perencanaan sebuah acara, akhirnya balik lagi it’s all about business and service, ya gak?